Close

June 11, 2017

Pengaruh Aplikasi Mobile Pada Semua Bidang Usaha

Aplikasi mobile atau yang dikenal dengan nama Mobile App adalah aplikasi yang berada pada Smartphone atau gadget dan pada umumnya dapat diunduh (download) atau di dapat pada penyedia (store) aplikasi seperti PlayStore(Android) atau App Store (iOS/ Apple), Windows Store (Windows Phone), Blackberry World (Blackberry) dan masihbanyak lagi, namun pada saat ini market terbesar ada pada PlayStore (Android) dan App Store (iOS).Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi baik di sisi kecepatan akses internet maupun kemudahan aksesmembuat bergesernya kebiasaan baik dari pengguna sampai ke para pelaku usaha. Di dunia yang amat menuntutkecepatan baik informasi maupun pelayanan mengakibatkan kebutuhan akan mobile access menjadi hal paling utamapada saat ini. Sambil menunggu dalam antrian dapat melakukan pekerjaan seperti memilih barang-barang ataupun mempelajari profile dari suatu perusahaan yang akan menjadi mitra di kemudian hari. Menurut riset yang banyak diadakan belakangan ini menunjukkan peningkatan yang luar biasa akan penggunaan smartphone dan gadget dibandingkan pada tahun sebelumnya yang di pengaruhi dengan kebiasaan dari semua orang untuk mengakses internet pada waktu luangnya dengan menggunakan media smartphone/ gadget dengan meninggalkan penggunaan laptop ataupun personal computer (PC). Hal ini mengakibatkan website semakin tertinggal dan kebutuhan akan aplikasi mobile semakin meningkat karena para pelaku usaha menginginkan agar semua informasi mengenai usahanya untuk dapat berada di dalam genggaman semua orang.

Sebelum melangkah lebih jauh untuk menentukan kebutuhan aplikasi mobile pada bidang usaha pada saat ini perlu untuk mengetahui beberapa hal seperti:

Who (Siapa target market usaha)

Seperti yang diketahui siklus kehidupan manusia ini seperti sebuah piramida dimana manusia yang semakin tua akan semakin sedikit dibandingkan dengan pertumbuhan generasi di bawahnya. Hal ini dapat menjadi pertimbangan untuk menentukan target market dari semua bidang usaha karena piramida semakin ke bawah akan semakin besar demikian juga dengan usia target market usaha. Dengan perkembangan teknologi informasi yang demikian besar dan penggunaan teknologi informasi yang semakin meningkat ke atas piramida yang dapat dilihat pada pelaku usaha yang sudah sadar akan besarnya pengaruh teknologi informasi terhadap usahanya membuat kebutuhan akan aplikasi mobile semakin meningkat sejalan dengan kebiasaan dari manusia dalam menghabiskan waktu luang ataupun melakukan pekerjaannya yang semakin mobile dan tergantung pada smartphone ataupun gadgetnya. Mobile App dapat menjadi tool untuk meraih dan menjangkau target market usaha.

Why (Kenapa harus Mobile App)

Mobile App dapat membantu untuk meraih dan berinteraksi dengan pengguna ataupun pelanggan maupun calon pelanggan dengan lebih cepat dan lebih direct dibandingkan dengan website karena smartphones dan tablets sudah menjadi hal yang umum bagi semua orang. Sudah menjadi kebutuhan bagi semua pelaku usaha untuk meletakkan semua informasi tentang usaha, profile di dalam genggaman semua orang.

What (Apa keuntungan Mobile App)

Banyak keuntungan yang di dapat dengan penggunaan Mobile App pada semua bidang usaha, antara lain

  • Meningkatkan brand awareness: dengan menggunakan Mobile App semua orang yang ingin mengetahui tentang suatu bidang usaha dapat dilakukan dengan mudah karena sudah tersedia di dalam smartphone mereka (Stores)
  • Memberikan nilai tambah (added value) terhadap suatu bidang usaha: bidang usaha bisa saja sama namun nilai lebih dapat dilihat pada ada atau tidaknya aplikasi mobile suatu usaha jika dibandingkan dengan bidang usaha yang sama.
  • Mengurangi biaya pemasaran: dapat mengurangi biaya pembuatan company profile, product katalog, newsletter juga sampai pada pembuatan business card.
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan: karena dengan kemudahan akan informasi baik mengenai produk, periode promosi membuat customer semakin dekat dengan pelaku usaha, apalagi jika dibantu dengan program loyalty card yang dapat di aplikasikan pada Mobile App.

When (Kapan harus mempunyai Mobile App)

Semua tentu tahu istilah “Time is Money”, begitu juga dalam menentukan kapan waktu yang tepat untuk mempunyai atau masuk ke dalam dunia Mobile App ini bergantung pada masing-masing individu ataupun usahanya. Para pelaku usaha dapat dikatakan selalu ada 2 fase waktu dalam menjalankan usahanya yaitu Masa Sukses dan Masa Sulit. Pada Masa Sulit pelaku usaha akan di hadapkan pada pilihan apakah mau berubah supaya bisa lepas dari Masa Sulit atau menyerah dan menutup usahanya, tentu pilihan terakhir bukan pilihan ideal buat semua pelaku usaha, artinya harus melakukan perubahan. Perubahan apa yang di butuhkan dapat di lihat pada trend marketing saat ini atau melihat kegiatan pesaing usaha dan berusaha memberikan nilai lebih agar dapat bersaing kembali di jalur persaingan yang benar. Begitupun juga yang berada pada Masa Sukses tidak dapat berdiam diri saja tanpa melihat peta persaingan usaha yang sedemikian cepat berubahnya terutama pada bidang usahanya karena tidak ingin terlewati dalam persaingan hanya karena terlambat melihat trend pemasaran yang ada pada saat ini.

How (Bagaimana cara untuk mempunyai Mobile App)

Setelah tahu dan sadar akan kegunaan dan pengaruh Mobile App terhadap bidang usaha maka akan timbul pertanyaan dan pertimbangan dalam proses untuk mempunyai Mobile App. Beberapa pertimbangan dan informasi umum dalam mengembangkan sebuah Mobile App adalah:

  • Pertimbangan Teknis (Technical) : Tidak ada skill coding atau bahasa pemrograman sehingga membutuhkan jasa untuk membuat dan mempunyai sebuah Mobile App.
  • Pertimbangan Waktu (Time): Waktu untuk membuat sebuah aplikasi mobile dari awal hingga selesai adalah cukup lama yaitu sekitar 6-7 bulan. Apakah persaingan usaha saat ini dapat menunggu sampai pada saat selesainya Mobile App?
  • Pertimbangan Biaya (Cost): Biaya yang dibutuhkan untuk mengembangkan sebuah aplikasi mobile dari awal cukup tinggi yaitu sekitar 70-100 juta rupiah. Apakah biaya yang dikeluarkan sepadan dengan hasil yang diharapkan?
  • Pertimbangan Ketergantungan (Dependency): Developer yang membuat Mobile App dapat tiba-tiba menghilang atau susah dihubungi pada saat dibutuhkan untuk melakukan update atau membutuhkan penambahan module seiring dengan perkembangan teknologi yang ada pada saat itu.

Pertimbangan di atas pada akhirnya banyak membuat para pelaku usaha mundur meskipun sudah mengetahui dan sadar betapa pentingnya Mobile App buat usahanya pada saat ini. Yang di butuhkan para pelaku usaha pada saat ini adalah Mobile App buat usahanya yang dapat di buat tanpa harus mempunyai skill coding (Technical), cepat dalam pembuatannya (Time), biaya yang terjangkau (Cost) dan kalau bisa dapat dimiliki sendiri sehingga tidak ada ketergantungan (Dependency) pada pembuat aplikasi.

Good Apps ID dapat menjadi solusi buat para pelaku usaha karena komunitas edukasinya yang rutin dijalankan dan kemudahan yang di dapat dalam pengembangan sebuah Mobile App. Semua pertimbangan di atas TTCD (Technical, Time, Cost dan Dependency) dapat diatasi hanya dengan meluangkan waktu selama 1 jam dalam seminggu untuk mengikuti kegiatan yang dikenal dengan nama KKM (Kumpul Kumpul Menghasilkan). Time is Money, tentukan pilihan ingin berada di mana 5 tahun ke depan, ambil langkah aktif untuk mengembangkan usaha sehingga dapat mewujudkan semua impian yang ada. Act now and fulfill your Dream. Have fun making apps.

Good Apps ID – 2017